ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN UNIT LABORATORIUM DI RSIA X KOTA PEKANBARU

  • Yessi Rahayu Universitas Hang Tuah
  • Doni Jepisah Universitas Hang Tuah
Keywords: Pengelolaan, laboratorium, RSIA

Abstract

Pelayanan yang berkualitas dapat memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan penyedia jasa, termasuk layanan laboratorium. Di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang, perkembangan teknologi sangatlah pesat terutama di bidang pelayanan laboratorium. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa manajemen laboratorium yang tepat untuk mengahadapi kemajuan teknologi. Metode penelitian adalah kualitatif dengan desain Rapid Assesment Procedure dengan informan kepala ruangan laboratorium, staf analis, staf administrasi, dan direktur RSIA. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data dengan teknik diskriptif kualitatif. Hasil ditemukan dari aspek SDM yang masih kurang dan masih ada yang tidak memiliki sertifikat kompetensi, serta jadwal dokter yang masih belum terjadwal dengan baik, sarana prasarana ditemukan masih ada item pemeriksaan yang dikirim keluar, system informasi labor belum bridging dengan SIMRS, reagen didatangkan dari luar provinsi sehingga butuh waktu lama jika terjadi kekurangan reagen serta ditemukan reagen yang expired. Dapat disimpulkan pengelolaan laboratorium belum maksimal. Disarankan untuk penambahan analis, maksimalkan penerapan SPO, monitoring dan evaluasi SDM dan alat secara rutin.

References

Arraniry, Benazir. (2012). Analisis Perencanaan Logistik Non Medis di Sub Bagian Rumah Tangga Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati.Universitas Indonesia. Depok
Betti, Khairani Ulfa (2018). Analisis Lama Waktu Pelayanan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal). Volume 5 Nomor 1, (P-ISSN: 2355- 9853 E-ISSN: 2622-4135) STIKes Perintis Padang, Email: bettirosita@yahoo.co.id.
Firmansyah. A., &Mahardika.B.W.(2018). Pengantar Manajemen.Yogayakarta: Deepublish.
Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Departemen Marketing dan HRD PT. Cahya Indo Persada. Surabaya: Artikel Ilmiah Jurnal Agora.6(1).
Khodijah, S. L. (2015). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Produk pada Proses Cetak Produk. Semarang: Universitas Diponegoro
Laboratorium Klinik di RSUD Sijunjung Sumatera Barat Tahun 2019. Journal of Healthcare Technology and Medicine.7.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2013 tentang Cara Penyelenggaraan Laboratorium Klinik yang Baik. Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.
Peraturan Presiden Republik Indonesia (2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2015 tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit. Jakarta
Rosita. B., &Khairani.U.(2018). Analisi Lama Waktu Pelayanan Laboratorium di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat. Jurnal Kesehatan Perintis. 5(1).
Siregar, Charles JP; AMALIA, Lia.Farmasi rumah sakit. Penerbit Buku Kedokteran ECG, Jakarta, 2004, 20: 37-42.
Sosmira. E., Harahap. J., &Suroyo.R.B.(2021). Analisis Kepuasan Penggunaan
Tery, George r dan Leslie W Rue 2014. Dasar-Dasar Manajemen, penerjemah G.A Ticoalu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Undang-undang Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta.
Published
2023-01-16