IMPLEMENTASI SISTEM APLIKASI RAWAT WARGA SEPENUH HATI (SIAP RAGA SEHAT) DALAM PELAPORAN DATA PROGRAM JEMPUT BOLA DI PUSKESMAS SUMBERAGUNG KABUPATEN BANYUWANGI

  • Esterlita Putri Pamungkasari Universitas Jember
  • Christyana Sandra Universitas Jember
  • Abu Khoiri Universitas Jember
Keywords: Home Care, Implementasi aplikasi, Program Jemput Bola, Sistem Informasi Kesehatan

Abstract

Program Jemput Bola merupakan inovasi bidang kesehatan di u yang bertujuan untuk memberikan layanan homecare kepada warga miskin dan lansia. Hingga saat ini, belum ada media khusus yang mengintegrasi sistem pelaporan Program Jemput Bola oleh Dinas Kesehatan. Puskesmas Sumberagung adalah Puskesmas pelaksana Program Jemput Bola yang memiliki inovasi Sistem Aplikasi Rawat Warga Sepenuh Hati (SIAP RAGA SEHAT). Aplikasi ini dibuat untuk membantu petugas kesehatan yang berada di wilayah pelosok Sumberagung melakukan pelaporan data secara cepat dan tepat. Namun, implementasi penggunaan aplikasi ini masih belum optimal karena terdapat beberapa hambatan dari segi teknis dan SDM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji implementasi SIAP RAGA SEHAT dalam pelaporan data Program Jemput Bola di Puskesmas Sumberagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Kesuksesan implementasi aplikasi yang dilihat dari kualitas informasi dan kepuasan belum optimal karena kendala teknis serta human eror yang mengakibatkan beberapa informasi yang dihasilkan tidak akurat dan tepat waktu. Secara keseluruhan, aplikasi ini memberikan perubahan-perubahan serta manfaat yang baik bagi organisasi. Perlu dilakukan pengembangan lanjutan agar memiliki kemampuan interoperabilitas dengan sistem informasi kesehatan lainnya.

References

WHO. Global report on diabetes [Internet]. France: World Health Organization; (2016). [cited 2021 Sep 17]. 86 p. Available from: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/204871/9789241565257_eng.pdf
Ahmad MS, Ma’mur, Wahidin. (2019). Evaluasi Program Home Care Pada Puskesmas Bara-Baraya Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara, Vol. 25.
Utari K, Pratiwi D, Andayanie E, Rusydi AR. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Home Care di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar Tahun 2020. Window of Public Health Journal, Vol. 2.
Hadi S. (2020). Peningkatan Layanan Jemput Bola Rawat Warga dengan Program “SIAP RAGA SEHAT” Di Puskesmas Sumberagung. Banyuwangi: Puskesmas Sumberagung.
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. (2018). Peraturan Bupati No. 37 Tahun 2018.
Ginanjar D. Program Jemput Bola Pasien Rawat 1.641 Warga Banyuwangi [Internet]. Jawa Pos. 2017 [cited 2021 Sep 23]. Available from: https://www.jawapos.com/jpg-today/14/07/2017/program-jemput-bola-pasien-rawat-1-641-warga-banyuwangi/
Ali BM, Younes B. (2013). The Impact of Information Systems on User Performance: an Exploratory Study. Journal Knowledge Management Economic, Information and Technology, 3(2):1–10.
DeLone W, McLean E. (2013). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal Management Information System, 19(4):9–30.
Pan AS, Heriyanti. (2016). Pemetaan Penyebaran Pasien Umum Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Ruang Kemuning Tahun 2015 (Peta Tematik Di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita Provinsi DKI Jakarta ). INOHIM ;4(1):11–7.
Yuniarto P, Sediyono E, Agushybana F. (2018). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Kesehatan Haji di Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang. Journal Manajemen Kesehatan Indonesia ;6(2):145–50.
Aulia NR. (2017). Faktor Human, Organization, Dan Technology Dalam Penggunaan Aplikasi S Impus Untuk Pendaftaran Pasien Di Puskesmas Mulyorejo Surabaya. Indonesia Journal of Public Health ;12(2):237.
Arifin S, Krisnadita Y. (2017). Aplikasi Plugin Transfer Domain Di PT. Beon Intermedia. Journal Teknology and Information [Internet] ;8(1):75–83. Available from: https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Hadiyanto M, Purnami CT, Mawarni A. (2020). Hubungan Kualitas Informasi Sistem Rekam Medis Rawat Jalan Elektronik Dengan Kepuasan Pengguna Di RSUD Dr. (H.C) Ir Soekarno. Jurnal Kesehatan Masyarakat ;8(6):739–45.
Rahayu FS, Apriliyanto R, Putro PW. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), Vol. 1
Kementerian Kesehatan RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Puskesmas. Kementerian Kesehatan. 1–9 p.
DeLone WH, McLean E. (2003). Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable. Inf Syst Res ;60–95.
Yuniar V. (2020). Efektivitas Sistem Informasi Laporan Data Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) [Internet]. Stikes Panakkukang Makassar. Available from: https://stikespanakkukang.ac.id/assets/uploads/alumni/0418bdfb7e4030e028b5995edc1fe66c.pdf
Putra DS, Darmawan MA. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit (SIARS) dengan Model Delone and Mclean. Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis ;11(1):78–85.
Muhammad M, Arief A. (2020). Evaluasi Faktor-Faktor Sukses Sistem Informasi Rumah Sakit Pada Rumah Sakit XYZ Menggunakan Model Delone & McLean. . Indonesian Journal of Information Systems (IJIS) ;170–7.
Farhiyah LT, Fanida EH. (2017). Efektivitas Sistem Informasi Layanan Sidoarjo Maternal Neonatal Emergency Sms Gateway (Simaneis) Di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo. Publika [Internet] ;5(2):1–8. Available from: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/18893
Published
2023-01-16