MUTU LAYANAN DAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN GANGGUAN JIWA DI YOGYAKARTA

  • Ahmad Ahid Mudayana Universitas Ahmad Dahlan
  • Nurul Qomariyah Universitas Sebelas Maret
  • Heni Rusmitasari Universitas Muhammadiyah Semarang
Keywords: Reliability, Responsiveness, Assurance, Tangible, Empathy, pasien gangguan jiwa

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan menjadi hal yang penting dalam organisasi pelayanan Kesehatan dalam meningkatakan kesadaran masyarakat tentang Kesehatan, dan mendorong setiap organisasi pelayanan kesehatan untuk sadar mutu dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa. Kepuasan pasien menjadi indicator utama dalam mengetahui mutu pelayanan rumah sakit. Kepuasan pasien di rumah sakit tergantung pada pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit harus berkualitas dan memenuhi lima dimensi mutu yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Saat ini masih terdapat keluarga pasien yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit, seperti petugas pendaftaran dan administrasi yang kurang ramah dalam melayani pengunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dimensi mutu yang berhubungan dengan kepuasan keluarga pasien gangguan jiwa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional dengan sampel berjumlah 309 responden. Pengukuran dilakukan menggunakan kuesioner mutu pelayanan dan kepuasan keluarga pasien. Data penelitian dianalisis menggunakan uji regresi. Hasil: Variabel yang memiliki kekuatan hubungan yang terbesar ke yang terkecil adalah assurance (OR = 0,647), responsiveness (OR = 0,589), dan tangible (OR = 0.587). Kesimpulan: terdapat hubungan antara dimensi mutu pelayanan dengan kepuasan keluarga pasien gangguan jiwa di Yogyakarta.

References

Akbar, F., Manurung, K., Ketaren, O., & Tarigan, F. L. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Tk Ii Putri Hijau Medan Tahun 2021. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 621–632. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3554
Amelia, M. (2018). pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rumah sakit USU. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.
Ani, S. (2016). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN. VII(1), 4.
Annisa, N. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Di Rumah Sakit Tk . Iv Madiun Tahun 2017 Oleh : Nurul Annisa Kesehatan Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun Tahun. Stikes Bhakti Huasada Mulia Madiun.Skripsi.
Dkk., W. A. (2016). Hubungan antara persepsi pada pelayanan administrasi rawat inap dengan kepuasan keluarga pasien peserta jaminan kesehatan nasional. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(2), 45–50.
Kusmiran. (2012). kesehatan reproduksi remaja dan wanita. salemba medika.
Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & . J. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097. https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152
Nursalam. (2016). Metodologi Ilmu Keperawatan. salimba medika.
Pangerapan D, P. O. (2018). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik), 2(1), 9–18.
Riandi, R. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018 Skripsi Diajukan Oleh Ronal Riandi. Ilmu Kesehatan, 1–50.
Salfia, S., Yusran, S., & Saimin, J. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien: Studi Kasus Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Kabupaten Bombana 2021. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(2), 221–230. https://doi.org/10.52643/marsi.v5i2.1477
Saputra, A., & Ariani, N. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nursing Journal, 1(1), 48–60.
Sulaiman, S., & Anggriani, A. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Fisioterapi RSU Siti Hajar. Jurnal Endurance, 4(2), 252. https://doi.org/10.22216/jen.v4i2.3965
supriyanto, acmad sani, masyhuri mahfudz. (2010). metodeologi riset manajemen sumber daya manusia. UIN Maliki Press.
wuragian prisilia , febi k.kalibu, ribka E. wowor. (2021). HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI INSTALAS RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR. V. L. RATUMBUYSANG. 10(6), 31–39.
Published
2023-01-16