UJI KELAYAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI MANFAAT BUAH DAN SAYUR BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstract
Pendahuluan: Tingkat konsumsi buah dan sayur pada kelompok anak usia 3-6 tahun di wilayah Kabupaten Klaten diketahui masih rendah karena media edukasi yang belum efektif. Sehingga dilakukan pengembangan media edukasi yaitu media video animasi manfaat buah dan sayur berbasis kearifan lokal berbahasa Jawa yang telah diuji internal oleh para ahli. Hasil uji internal menunjukkan media video animasi dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, maka perlu dilakukan uji eksternal agar dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan yang valid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil uji eksternal media video ke uji coba terbatas dan uji coba lapangan utama. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) level 4, yakni pada tahap uji coba terbatas dan uji lapangan utama. Populasi penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun yang merupakan siswa sekolah Taman-Kanak (TK) di wilayah Kecamatan Gantiwarno, Klaten. Jumlah sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua sesuai dengan tahapan uji eksternal. Uji coba terbatas berjumlah 12 anak dari satu sekolah dan uji lapangan utama berjumlah 30 anak dari lima sekolah. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif melalui kuesioner pre-test dan post- test, sedangkan data kualitatif melalui wawancara dan pengamatan. Hasil: Uji coba terbatas dan uji lapangan utama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian media video animasi manfaat buah dan sayur terhadap tingkat pengetahuan anak (p<0.05). Hasil uji komparatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai pengetahuan responden yakni sebesar 2.33 pada uji coba terbatas dan 2.23 pada uji lapangan utama. Serta secara kualitatif menunjukkan bahwa video animasi memberikan dampak yang positif serta manfaat kepada anak-anak dalam proses pembelajaran. Simpulan: Video animasi manfaat buah dan sayur berbasis kearifan lokal menggunakan Bahasa Jawa layak digunakan sebagai media promosi kesehatan.
References
Amirullah, A. M., Indra, B., Aziz, W., & Arifin, I. (2021). Perancangan Animasi Stop Motion: Peran Orangua Dalam Pemberian Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Eprints UNM, 1–11.
Andan Firmansyah, Ahid Jahidin, & Nur Isriani Najamuddin. (2019). Efektivitas Penyuluhan Dengan Menggunakan Media Leaflet Dan Video Bahasa Daerah Terhadap Pengetahuan Bahaya Rokok Pada Remaja. Bina Generasi : Jurnal Kesehatan, 11(1), 80–86. https://doi.org/10.35907/jksbg.v11i1.138
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Awuni, N. S., & Isni, K. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Media Promosi Kesehatan Manfaat Buah dan Sayur. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 7(2), 169–182.
Bulkani, Fatchurahman, M., Adella, H., & Andi Setiawan, M. (2022). Development of animation learning media based on local wisdom to improve student learning outcomes in elementary schools. International Journal of Instruction, 15(1), 55–72. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1514a
Choiriyyah, Z., & Wakhid, A. (2018). Aplikasi Media Audio Visual sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Remaja Bandarjo Ungaran Barat Semarang. Jurnal Smart Keperawatan, 5(1), 41. https://doi.org/10.34310/jskp.v5i1.162
Dhida, T. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini : Sebuah Literature Review. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 47–58.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Husna, L. N., & Izzah, N. (2021). Gambaran Status Gizi Balita : Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan 2021, 1849–1854.
Infodatin. (2020). Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI Konsumsi Makanan Penduduk Indonesia. 10–27.
Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37756
Kokomaking, Y. O., & Usman, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Teknik Bisik Berantai. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(2), 78. https://doi.org/10.26858/interference.v2i2.20478
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
Mahmudah, U., & Yuliati, E. (2020). Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur sebagai Strategi dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar. Warta LPM, 24(1), 11–19. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9134
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD, 8(5), 893–903.
Mufidah, M., Sulistyowati, S. D., & Endang Zulaicha Susilaningsih. (2021). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Perilaku Anak Usia 4-5 Tahun Dalam Mengkonsumsi Sayur di TK Kharismatika Surakarta. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06(2), 79–87.
Mulyaningtyas, R. (2019). Stimulasi Dalam Memaksimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 3(1), 161–186. https://doi.org/10.21274/martabat.2019.3.1.121-140
Novianti, L. R., Rahman, T., & Loita, A. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Zepeto Untuk Meningkatkan Daya Ingat Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79.
Nurdesianti, S. (2020). Pengembangan Video Model Pembelajaran Melalui Aplikasi Camtasia Berbasis Kearifan Lokal Jambi di Taman Kanak-Kanak Kota Jambi. Repository Universitas Jambi, 151(2), 10–17.
Nurdiana, F. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Siklus Hidup Hewan Dengan Metamorfosis Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).
Panjaitan, L. R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Alat Peraga dan Video Animasi Terhadap Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Putri Sion Medan Tahun 2019. Program Studi Ners Stikes Santa Elisabeth Medan, 15(2), 1–23.
Ramadhani, A. S., Azizah, W., Selpiyani, Y., & Khadijah. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2360–2370.
Retnani, A. D., Sutini, T., & Sulaeman, S. (2019). Video Kartun dan Video Animasi Dapat Menurunkan Tingkat Kecemasan Pre Operasi Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 274–282.
Ronasari Mahaji Putri, & Maemunah, N. (2017). Peran Pendidikan Kesehatan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak Tentang Pentingnya Sayur. Jurnal Keperawatan, 8(1), 54–64.
Sary, Y. N. endah. (2021). Pendekatan Dengan Komunikasi Efektif Terhadap Konsumsi Buah dan Sayur Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Berdasarkan Trans Teorethical
Model. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 137. https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.2503
Sofa, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Video Animasi Berbantu Adobe Premier.
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Uce, L. (2017). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 35–45. https://doi.org/10.4324/9780203993026
Wardhani, I. K., & Yuliati, I. (2021). Gadget Pada Kesehatan Remaja Di Salah Satu Paroki. Jurnal Penelitian Kesehatan, 11(2), 15–19.
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta, 5(3), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1- 10.497