EVALUASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN KLAIM PENGGANTIAN BIAYA PASIEN COVID-19 DI RSUD SELASIH KABUPATEN PELALAWAN TAHUN 2021
Abstract
Sejalan dengan penyebaran virus SARS-CoV-2 yang terus meluas di Indonesia pada tahun 2020-2021, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menetapkan 132 rumah sakit rujukan dalam melayani kasus COVID-19, termasuk RSUD Selasih Kabupaten Pelalawan. Seluruh pembiayaan rumah sakit pasien COVID-19 menjadi tanggung jawab Pemerintah namun fakta lapangan menunjukkan bahwa hampir seluruh rumah sakit di Indonesia mengalami masalah keuangan di masa pandemi COVID-19. kondisi ini juga diperparah dengan adanya keterlambatan pembayaran klaim serta persoalan lain berupa dispute klaim yang membuat proses pembayaran klaim tertunda kepada rumah sakit . Studi evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengevaluasi pelaksanaan kebijakan KMK nomor HK.01.07/MENKES/5673/2021 tentang petunjuk teknis klaim penggantian biaya pasien COVID-19, dengan melakukan wawancara mendalam kepada Pimpinan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih , Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan, serta unsur terkait. Penelitian ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan kebijakan penggantian klaim biaya pasien COVID-19 di RSUD Selasih. Studi ini memberikan informasi berbasis bukti riset, menambah pengetahuan mengenai kebijakan, dan rekomendasi dalam meningkatkan ekfetifitas kebijakan, serta arahan riset lebih lanjut.
References
Ambarwati, W. (2021) ‘Pembiayaan Pasien COVID-19 dan Dampak Keuangan terhadap Rumah Sakit yang Melayani Pasien COVID-19 di Indonesia Analisis Periode Maret 2020 – Desember 2020’, Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 6(1), pp. 23–37. doi: 10.7454/eki.v6i1.4881.
Chumaida, Z. V., Ariadi S, B. S. and Roro, F. S. R. (2021) ‘Kebijakan Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi COVID-19’, Lex Journal : Kajian Hukum & Keadilan, pp. 158–183. Available at: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/hukum/article/do wnload/4245/2105.
Goyena, R. and Fallis, A. . (2015) Kebijakan D Hiv-Aids an Sistem Kesehatan Di Indonesia, Journal of Chemical Information and Modeling. INSISTPress.
Handoyo, L. (2021) ‘Situasi Pembiayaan Kesehatan Untuk Manajemen Penyakit Tidak Menular Di Pelayanan Primer Berbagai Negara Selama Pandemi Covid-19’, Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(1), pp. 137–149. doi:10.29241/jmk.v7i1.615.
Hardani. Ustiawaty, J. A. H. (2020) Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. 1st edn. Edited by H. Abadi. Yogyakarta.
Laksmiarti, T. and Nugraheni, W. (2013) ‘Analisis Kebijakan Pembiayaan Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Aru (Policy Analysis: Health Financing in Aru Island)’, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(3), pp. 321–329.
Malonda, T. D., Rattu, A. J. M. and Soleman, T. (2015) ‘Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Dr . Sam Ratulangi Tondano’, Jikmu, 5(2b), pp. 436–447.
Massie, R. (2009) ‘Kebijakan Kesehatan: Proses, Implementasi, Analisis Dan Penelitian’, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 12(4), pp. 409–417.
Rahmiyati, A. (2021) Konsep Dasar Pembiayaan dan Penganggaran Kesehatan Buku Ajar by Ayu Laili Rahmiyati (z-lib.org). 1st edn. Edited by M. Khairiyyah. Malang: Ahlimedia Press.
Samsu (2017) Metode penelitian: Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. 1st edn. Edited by Rusmini. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Setiatin, S. and Kartikaningrum, Y. (2021) ‘Telaah Literatur Pelepasan Informasi Medis dan Pengklaiman Biaya Pelayanan Pasien Covid-19 Di Rumah Sakit’, Jurnal INFOKES- Politeknik Piksi Ganesha, 5(1), pp. 92–103.
Siyoto, S. (2015) Dasar Metodologi Penelitian. 1st edn. Edited by Ayup. Kediri: Literasi Media Publishing.
Agiwahyuanto, F. et al. (2022) ‘Pembiayaan Klaim Pasien Di Rsup Dr. Kariadi Semarang Selama Pandemi Covid-19’, Visikes: Jurnal Kesehatan, 21(1), pp. 268– 281.
Anyaprita, D. et al. (2020)‘DAMPAK KETERLAMBATAN PEMBAYARAN KLAIM BPJS KESEHATAN TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA’, MPHJ, 1(1), pp. 22–31.
Bahlani et al. (2022) ‘Tinjauan Kelengkapan Berkas Persyaratan Klaim Pasien Rawat Inap Covid-19 di Rumah Sakit Sumber Waras’, SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(2), pp. 240–249. doi: 10.55123/sehatmas.v1i2.237.
I. Cahyani, D. I., Kartasurya, M. And Rahfiludin, M. Z. (2020) ‘Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam Perspektif Implementasi Kebijakan (Studi Kualitatif)’, Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), p. 10. doi: 10.26714/jkmi.15.1.2020.10- 18.
Eliyah and Ratriana, A. U. (2022) ‘Tinjauan Penyelesaian Dispute Klaim Rawat Inap Pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di RSUD Ajibarang Tahun 2020 Review’, 5(1), pp. 29–36.
Enceng and Madya, F. (2014) ‘Evaluasi Perumusan, Implementasi, Dan Lingkungan Kebijakan’, Jurnal Kebijakan Publik, 5(1), pp. 1–8. Available at: https://ejournal.unri.ac.id/ind ex.php/JKP/article/view/2217/2183.
Ferina, Isnaeni, B. and Wulandari, E. M. (2021) ‘Peran Kementerian Kesehatan Dalam Pengendalian Risiko Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2016 Tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit’, Jurnal Lex Spesialis, 1(1), pp. 69–75.
Kurniawati, M., Satrijawati, T. and Hariyanto, T. (2020) ‘FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBALIAN ADMINISTRASI KLAIM BPJS KESEHATAN DITINJAU DARI SYARAT- SYARAT KELENGKAPAN ADMINISTRASI KLAIM’, CHMK HEALTH JOURNAL, 4(1), pp. 1–9. Available at: https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.d oi.org/10.1038/s41562-020-0887- 9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article.
Maulana, M. S. Al and Myrnawati (2021) ‘Rumah Sakit Siaga Covid-19’, Excellent Midwifery Journal, 4(2), pp. 84–90.
Nugraeni, Paramitalaksmi, R. and Wafa3, Z. (2022) ‘KEMANDIRIAN DAN EFEKTIVITAS PEMERINTAH DAERAH DIMASA PANDEMI COVID 19’, JRAMB, 8(1), pp. 22–29.
Ratna Kartikawati, D. (2021) ‘Tanggung Jawab Rumah Sakit Terhadap Pemenuhan Hak Pasien Pada Masa Pandemi Covid-19’, Ilrej, 1(3), pp. 318–335.
Said, M. et al. (2020) ‘Clinical Reviews & Cases Analysis of Medical Record Completeness Factors on The Realization of Claims of COVID 19 Inpatients in Rsud Dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi’, Clin Rev Case, 2(2), pp. 3–7.
Suryana, A., Lisarini, E. and Larasati, A. K. (2021) ‘PENGARUH PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DAN KEBIJAKAN PERTANIAN TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN SUB TERPMINAL AGRIBISNIS (Studi Kasus di UPTD Sub Terminal Agribisnis dan Agropolitan Cigombong, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur)’, Agroscience (Agsci), 11(1), p. 29. doi: 10.35194/agsci.v11i1.1573.
Syah, S. R. and Setiatin, S. (2022) ‘ANALISIS PENGEMBALIAN BERKAS KLAIM BPJS TERHADAP KETENTUAN PENGKLAIMAN BIAYA PELAYANAN PASIEN COVID-19’, Open Jornal Systems, 16(1978), pp. 7831– 7842.
Vironikaa, S. and Yuliani, F. (2021) ‘IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 68 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT DAERAH MADANI KOTA PEKANBARU’, 5(68), pp.74–85.
Sugiarto and Ilyas, Y. (2022) ‘Claim Analysis of Cost Reimbursement COVID-19 Patient Service to Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) in health by Hospital’, Jrunal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1), pp. 227–232. doi: 10.30604/jika.v7iS1.1186.
Widiasih, R. et al. (2021) ‘Nurses’ feelings and perspectives of the covid-19 pandemic: A qualitative study in a developing country’, Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9, pp. 71–80. doi: 10.3889/oamjms.2021.6592.
(Amanda, 2016)Amanda, P. I. (2016) Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan),The Journalish: Social and Government, 1, pp. 34–38. Available at: http://thejournalish.com/ojs/i ndex.php/thejournalish/article /view/7.
Heryana, A. (2020) ‘Proyek ( nfrastruktur) kesehatan Program Kesehatan Pelayanan Kesehatan’, Reseb.m arch Gate, (June), pp. 5–7. doi: 0.13140/RG.2.2.17668.55684.