OPTIMALISASI PROMOSI KESEHATAN REPRODUKSI MELALUI JERARING MEDIA SOSIAL (NARATIVE REVIEW)

  • Inggar Ratna Kusuma Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Evicenna Naftuhah Riani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dealita Aulia Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Menurut WHO, kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya. Bagian dari upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan reproduksi dimulai dari memberikan informasi yang benar mengenai kesehatan reproduksi. Jejaring sosial bermanfaat untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, juga mencari informasi, berita dan pengetahuan yang bermanfaat. Promosi kesehatan mencakup sosialisasi informasi kesehatan, perubahan perilaku menjadi lebih sehat dan membantu meningkatkan layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi informasi mengenai pentingnya promosi kesehatan reproduksi di jejaring media sosial, kekurangan dan kelebihan promosi kesehatan, media sosial apa yang paling sering di akses oleh pembaca, mencari informasi kesehatan yang aman dan valid di media sosial dan penggunaan jejaring media sosial oleh tenaga kesehatan. Menggunakan kata kunci “health promotion on health reproduction in social networking site” “promosi kesehatan reproduksi di media sosial” kemudian mencari di data based jurnal Pubmed, Proquest, Science direct, Spinger link dan garuda. Media sosial dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan mendorong perubahan perilaku kesehatan reproduksi. Tenaga kesehatan dan professional lainnya perlu terlibat lebih aktif dimedia sosial untuk memberikan informasi yang valid, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Media sosial yang paling sering diakses adalah youtube, whatsapp, facebook dan Instagram. Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan literasi kesehatannya dan dapat memilah mana informasi yang valid mana yang hoax.

References

[1] Yamamoto J, Ananou S. Humanity in the Digital Age Cognitive Social Emotional and. Contemp Educ Technol. 2015;6(1):1–18.
[2] Sunarsih T, Astuti EP, Shanti EFA, Ambarwati ER. Health promotion model for adolescent reproductive health. Electron J Gen Med. 2020;17(3):1–7.
[3] Kominfo. Laporan Tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2018. 2018;1–70. Available from: https://eppid.kominfo.go.id/storage/uploads/2_26_LAPORAN_TAHUNAN_KOMINFO_2018.pdf
[4] Mukhlason A, Aljawiy AY. Jejaring Sosial Dan Dampak Bagi Penggunanya. Teknologi. 2012;1(1).
[5] Harvey K. Social Media, Definition and Classes of. Encycl Soc Media Polit. 2014;(January 2014).
[6] Kaplan AM, Haenlein M. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Bus Horiz. 2010;53(1):59–68.
[7] J. D. Social media: Friend or foe? Eur J Contracept Reprod Heal Care [Internet]. 2018;23:14. Available from: http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L621903344
[8] Ri KK. DAN KESEHATAN REPRODUKSI.
[9] Agustina FMT. Tinjauan Filsafat Kesehatan Reproduksi. Kesmas Natl Public Heal J. 2008;3(3):126.
[10] Kumar S, Preetha GS. Health promotion: An effective tool for global health. Indian J Community Med. 2012;37(1):5–12.
[11] Wright CJC, Schwarzman J, Dietze PM, Crockett B, Lim MSC. Barriers and opportunities in the translation of mobile phone and social media interventions between research and health promotion practice in Australia: A qualitative study of expert perspectives. Heal Res Policy Syst. 2019;17(1):1–12.
[12] Jane M, Hagger M, Foster J, Ho S, Pal S. Social media for health promotion and weight management: A critical debate. BMC Public Health. 2018;18(1):1–7.
[13] DEFINING AND MEASURING ENGAGEMENT WITH DIGITAL BEHAVIOR CHANGE INTERVENTIONS : APPLICATION TO THE SKATA MOBILE APPLICATION FOR FAMILY PLANNING IN INDONESIA By Radha Rajan , MHS , DrPH A dissertation submitted to the Johns Hopkins University in conformity . 2018;(March).
[14] Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Survei penggunaan Teknologi informasi dan Komunikasi DKI Jakarta. 2019;17.
[15] Philosophy L, Gavgani VZ. DigitalCommons @ University of Nebraska - Lincoln Health Information Seeking Behavior ( HISB ): A Study of a Developing Country Health Information Seeking Behavior ( HISB ) of people and some related factors ; a study in developing country Vahideh Zarea G. 2013;(June 2018).
[16] Jacobs RJ, Lou JQ, Ownby RL, Caballero J. A systematic review of eHealth interventions to improve health literacy. Health Informatics J. 2014;22(2):81–98.
[17] Welch V, Petkovic J, Pardo Pardo J, Rader T, Tugwell P. Interactive social media interventions to promote health equity: An overview of reviews. Heal Promot Chronic Dis Prev Canada. 2016;36(4):63–75.
[18] Larasaty L, Hargiana G. Jurnal Kesehatan, vol. 8, 2019, ISSN: 2301-783X Akademi Keperawatan Ngesti Waluyo. J Kesehat Akad Keperawatan Ngesti Waluyo. 2019;8:2–8.
[19] Widarini DA. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Dan Nutrisi Untuk Perempuan. J Komun Pembang. 2019;17(1):92–101.
[20] Privacidad LA, West W, West W. Think Forward 2020. 2019;31–54. Available from: https://wearesocial-net.s3.amazonaws.com/uk/wp-content/uploads/sites/2/2019/11/WAS_ThinkForward_2020.pdf
[21] Paul J, Boraas CM, Duvet M, Chang JC, J. P, C.M. B, et al. YouTube and the single-rod contraceptive implant: A content analysis. J Fam Plan Reprod Heal care [Internet]. 2017/01/20. 2017 Jul;43(3):195–200. Available from: http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L617228460
[22] Nguyen BT, Allen AJ, B.T. N, A.J. A, Nguyen BT, Allen AJ. Social media and the intrauterine device: A YouTube content analysis. BMJ Sex Reprod Heal [Internet]. 2017/11/23. 2018 Jan;44(1):28–32. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29170151
[23] S. L, C.E. B, R. M, W. C, S.-Y. K. Addition of mHealth (mobile health) for family planning support in Kenya: Disparities in access to mobile phones and associations with contraceptive knowledge and use. Int Health [Internet]. 2019;11(6):463–71. Available from: http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L630196370
[24] Mengesha BM, Carter JT, Dehlendorf CE, Rodriguez AJ, Steinauer JE, B.M. M, et al. Perioperative pregnancy interval, contraceptive counseling experiences, and contraceptive use in women undergoing bariatric surgery. Am J Obstet Gynecol [Internet]. 2018/04/07. 2018 Jul;219(1):81.e1-81.e9. Available from: http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L2000881815
[25] Juditha C. Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). J Pekommas. 2018;3(1):31.
[26] Ahyad MRM. Analisa Penyebaran Berita Hoax Di Indonesia. Jurnal [Internet]. 2017;16. Available from: file:///C:/Users/USER~1.LAB/AppData/Local/Temp/ANALISIS PENYEBARAN BERITA HOAX DI INDONESIA.pdf
[27] Garcia-Morales VJ, Martín-Rojas R, Lardón-López ME. Influence of social media technologies on organizational performance through knowledge and innovation. Balt J Manag. 2018;13(3):345–67.
Published
2021-01-17