OPTIMALISASI EDUKASI PHBS DAN GIZI SEIMBANG PADA KELOMPOK REMAJA MELALUI MEDIA ONLINE

  • Rahma Listyandini Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Widya Asih Lestari Universitas Indonesia
  • Dewi Indriani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Jihan Novianti Djunaedi Universitas Ibn Khaldun Bogor

Abstract

Pola Hidup Bersih dan Sehat seharusnya sudah menjadi kebiasaan masyarakat di masa Pandemi Covid-19 ini. PHBS sudah dicanangkan sejak lama namun penerapannya pada kelompok remaja masih belum optimal. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, dan juga gizi seimbang pada remaja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Desa Leuwisadeng dan Desa Cibeber Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor pada bulan September 2020. Kegiatan ini meliputi pembentukan kader remaja, edukasi dengan metode ceramah dan pendampingan kepada 30 orang remaja tentang Perilaku Kesehatan Bersih dan Sehat (PHBS) dan gizi seimbang melalui media online. Edukasi metode ceramah dilakukan dengan media Zoom. Pendampingan dilakukan dengan membuat kelas online yang menggunakan media Whats App Group. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pretest dan posttest menggunakan Google Form. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kesadaran remaja tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, seperti pentingnya berolahraga secara teratur, makan buah dan sayur, tidak merokok, dan makan dengan gizi seimbang, serta memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. Media online cukup efektif dalam meningkatan pengetahuan dan kesadaran remaja tentang PHBS dan gizi seimbang. Namun, sebagian besar remaja menyatakan lebih nyaman menggunakan media Whats App sebagai media edukasi dikarenakan faktor jaringan yang lebih mendukung.

References

[1] Fatmawaty, R. Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma. 2017; 6(2): 55-65.
[2] Kementrian Kesehatan RI. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan; 2018.
[3] Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Kementrian Kesehatan; 2011.
[4] Kementrian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan; 2013.
[5] Natsir, M. F. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada tatanan rumah tangga masyarakat desa parang baddo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK). 2019; 1(3): 54-9.
[6] Rosidin, et.al. Perilaku dan Peran Tokoh Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid -19 di Desa Jayaraga, Kabupaten Garut. UMBARA Indonesian Journal of Anthropology. 2020; 5(1): 42-9.
[7] S, Putri W. dan Saputra, R. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kampar. Jurnal Photon. 2018; 8(2): 121-7.
[8] Tabiā€™in, A. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. Jurnal Edukasi AUD. 2020; 6(1).
[9] Yunus, N. R., & Rezki, A. Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Salam. 2020; 7(3).
Published
2021-01-17