ANALISIS PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK PADA PRAKTIK MANDIRI BIDAN DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Annisa Ulfah Universitas Indonesia
  • Ede Surya Darmawan Universitas Indonesia
Keywords: COVID-19; Kebidanan; Kesehatan Ibu dan Anak

Abstract

Situasi pandemi COVID-19 mengharuskan para tenaga kesehatan beradaptasi untuk tetap melayani pasien dengan optimal, termasuk para bidan yang memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak dari tempat Praktik Mandiri Bidan (PMB). Berdasarkan laporan IBI pusat per 7 Juni 2020 terdapat 974  dari 9.296 PMB yang menutup lokasi praktiknya sehingga pelayanan KIA juga sementara waktu ditiadakan. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan pelayanan KIA di masa pandemi COVID-19 serta menyajikan analisis yang berkaitan agar pelayanan dapat tetap berjalan sesuai dengan perubahan adaptasi pelayanan KIA di PMB. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diambil dengan melakukan wawancara mendalam kepada pemilik Praktik Mandiri Bidan N di Kota Bekasi. Data dianalisis dan sajikan dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan strategi SO menerapkan pelayanan KIA dengan memperhatikan physical distancing melalui panduan pemerintah dan Satgas COVID-19 serta memanfaatkan layanan digital untuk konsultasi pasien. Strategi WO yaitu dengan memaksimalkan kegiatan pendaftaran online, menerapkan SOP pelayanan dan pencegahan infeksi sesuai arahan protokol kesehatan. Sedangkan strategi ST yaitu dengan melakukan skrining yang tepat serta efisiensi penggunaan APD. Strategi WT yaitu dengan melakukan pencegahan infeksi baik dari bidan maupun pasien, serta mengedukasi pasien dan keluarga mengenai pencegahan dan penularan COVID-19. Analisis SWOT dapat digunakan untuk membentuk strategi dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak di Praktik Mandiri Bidan pada masa pandemi COVID-19 serta menganjurkan bidan maupun pasien untuk tetap melaksanakan pelayanan sesuai dengan arahan protokol kesehatan.

References

[1] Kesehatan K. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19) [Internet]. Vol. 5, Kementrian Kesehatan. 2020. 178 p. Available from: https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf
[2] Ri KK. Panduan Pelayanan Pelayanan Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi. 2020. 5 p.
[3] Riskesdas K. Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS) [Internet]. Vol. 44. 2018. Available from: http://arxiv.org/abs/1011.1669%0Ahttp://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201%0Ahttp://stacks.iop.org/1751-8121/44/i=8/a=085201?key=crossref.abc74c979a75846b3de48a5587bf708f
[4] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Data dan Informasi kesehatan indonesia 2019. Vol. 8, Profil Kesehatan Indonesia. 2020. 1–213 p.
[5] IBI. Situasi Pelayanan Kebidanan pada Masa Pandemi COVID-19. In: Situasi Pelayanan Kebidanan pada Masa Pandemi COVID-19. 2020. p. 1–32.
[6] IBI. SITUASI PELAYANAN KEBIDANAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 WEBINAR. In 2020. p. 1–26.
[7] Adiputra PAT. Dampak Pandemi COVID-19 pada Pelayanan Pasien Kanker di Rumah Sakit Tersier di Indonesia: Serial Kasus. JBN (Jurnal Bedah Nasional). 2020;4(1):29.
[8] World Health Organization. Materi Komunikasi Risiko COVID-19 untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan. World Health Organization. 2020. 1–11 p.
[9] WHO. Mempertahankan layanan kesehatan esensial : panduan operasional untuk konteks COVID-19. Pandu Interim. 2020;
[10] Martha E. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada; 2016. 02 p.
[11] Siagian. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara; 2011. 172 p.
[12] Salim MA, Siswanto AB. Analisis SWOT dengan metode kuesioner. 2019. 4 p.
[13] Karim I. OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PRODUK CORE COMPETENCE PADA USAHA Latar Belakang Pengembangan usaha kecil sebagai basis ekonomi kerakyatan merupakan salah satu langkah strategi yang perlu ditindaklanjuti dengan langkah nyata . Dalam rangka Pemasaran oleh banyak. J bisnis, Manaj dan Inform. 2019;16(September):64.
[14] Sari IIK, Sulistyowati M. Analisis Promosi Kesehatan Di Puskesmas Kalijudan Terhadap Phbs Rumah Tangga Ibu Hamil. J PROMKES. 2017;3(2):159.
[15] Nabyla F, Sigitta RC. Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Rumah Sakit. JOINS (Journal Inf Syst. 2019;4(2):168–77.
[16] Sa’idah N. ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE (E-HEALTH) BERDASARKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). J Adm Kesehat Indones Vol. 2017;5:72–81.
[17] Purwanto H, Dalis S. E-Pelayanan Konsultasi Kesehatan Peduli Remaja Pada Puskesmas Bekasi. Simetris J Tek Mesin, Elektro dan Ilmu Komput. 2018;9(1):147–60.
[18] Kent B, McCormack B editors. Clinical Context for Evidence-based Nursing Practice [Internet]. Vol. 22. 2011. 128 p. Available from: https://books.google.com/books?id=r-I8MVcASEMC&pgis=1
[19] Krendl LM. Lisa Maria Krendl. 2011;(September).
[20] Board CE. IKATAN DOKTER INDONESIA. 2020;(29).
[21] Alya SN, Surakarta UM, Saputra A, Surakarta UM. Perilaku menjenguk pasien di rumah sakit umum daerah majenang. In: Seminar Ilmiah Arsitektur. 2020. p. 40–7.
Published
2021-01-17