FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP STIGMA DAN DISKRIMINASI KEPADA ODHA (ORANG DENGAN HIV/AIDS): SYSTEMATIC REVIEW

  • Windi Nurdiana Utami UPN Veteran Jakarta
  • Mila Syehira Hutami UPN Veteran Jakarta
  • Farwah Hafidah UPN Veteran Jakarta
  • Terry Yuliana Rahadian Pristya UPN Veteran Jakarta
Keywords: diskriminasi; faktor-faktor; HIV/AIDS; stigma

Abstract

Berdasarkan data UNAIDS (Joint United Nations Programme on HIV/AIDS) 38 juta orang di dunia terinfeksi HIV pada akhir tahun 2019 yang terdiri dari 36,2 juta usia dewasa dan 1,8 juta usia anak-anak (0-14 tahun). Kendala dalam mengatasi penyakit HIV/AIDS diantaranya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA yang masih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap stigma dan diskriminasi kepada ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).  Systematic review ini dilakukan melalui tahapan pencarian sumber data dan ektraksi serta seleksi artikel. Pencarian artikel menggunakan data base elektronik Google Scholar dan PubMed dengan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris adalah “Diskriminasi, Faktor-Faktor, HIV/AIDS, Stigma” dan dengan Bahasa Inggris “Discrimination, Factors, HIV/AIDS, Stigma”. Kriteria inklusi artikel yang pilih yaitu yang dipublikasikan full text, dalam rentang waktu 2010-2020, jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif, kriteria peneliti bidang kesehatan, artikel yang memiliki konten utama faktor yang berpengaruh terhadap stigma dan diskriminasi kepada ODHA. Hasil kajian terhadap faktor-faktor yang berpengaruh dengan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA setelah direduksi diperoleh 10 artikel. Faktor-faktor yang berhubungan dengan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA adalah pengetahuan, ketakutan, kepercayaan, komunikasi diantara masyarakat, pendidikan, persepsi, sikap, pekerjaan, dan status ekonomi. Mayoritas faktor yang berpengaruh terhadap stigma dan diskriminasi kepada ODHA adalah pengetahuan seseorang. Melakukan promosi kesehatan tentang HIV/AIDS terutama dari cara penularannya agar masyarakat dapat memahami bahwa yang harus dihindari adalah virusnya bukan penderitanya serta adanya pelatihan bagi tenaga kesehatan untuk menangani pasien ODHA.

References

Kementerian Kesehatan Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Vol. 42, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2019.
2. Communications and Global Advocacy UNAIDS. UNAIDS FACT SHEET. Global HIV Statistics. Ending the AIDS epidemic. 2020.
3. Paryati T, Raksanagara AS, Afriandi I, Kunci K. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stigma dan Diskriminasi kepada ODHA(Orang dengan HIV/AIDS) oleh petugas kesehatan : kajian literatur. Pustaka Unpad. 2013;(38):1–11.
4. Kementrian Kesehatan RI. General situation of HIV/AIDS and HIV test. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. 2018. p. 1–12.
5. Sofia R. Stigma Dan Diskriminasi Terhadap Odha (Studi Pada Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Tanah Pasir Aceh Utara). Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh. 2018;2(1):79.
6. Harun RH. Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang HIV dan AIDS Dengan Stigma Pada ODHA di Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. 2017;(Stigma Pada ODHA):79–80.
7. Retnowati, Misrina. Hubungan Pengetahuan Dengan Stigma Tokoh Agama Terhadap Orang Dengan Hiv/Aids Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto [Internet]. 2017;8(1):232–40. Available from: http://www.akbidylpp.ac.id/ojs/index.php/Prada/article/view/236/168
8. Nurma D. Penyebab Diskriminasi Masyarakat kecamatan dewantara kabupaten Aceh Utara terhadap Orang dengan Hiv-Aids. SEL J Penelitian Kesehatan. 2018;5(1):1–19.
9. Waluyo A, Nova PA, Edison C. Perilaku Perawat Terhadap Orang Dengan Hiv/Aids Di Rumah Sakit Dan Puskesmas. J Keperawatan Indonesia. 2011;14(2):127–32.
10. Shaluhiyah Z, Musthofa SB, Widjanarko B. Stigma Masyarakat terhadap Orang dengan HIV/AIDS. Kesmas National Public Health Journal. 2015;9(4):333.
11. Maharani F. Faktor -Faktor Yang Berhubungan Dengan Stigma Terhadap Orang Dengan Hiv Dan Aids (Odha). Journal Endurance. 2017;2(2):158.
12. Hati K, Shaluhiyah Z, Suryoputro A. Stigma Masyarakat Terhadap ODHA Di Kota Kupang Provinsi NTT. J Promosi Kesehatan Indonesia. 2013;12(Januari):62–77.
13. Dahlui M, Azahar N, Bulgiba A, Zaki R, Oche OM, Adekunjo FO, et al. HIV/AIDS related stigma and discrimination against PLWHA in Nigerian population. PLoS One. 2015;10(12):1–11.
14. Lee H, Kim D, Na Y, Kwon M, Yoon H, Lee W, et al. Factors associated with HIV/AIDS-related stigma and discrimination by medical professionals in Korea: A survey of infectious disease specialists in Korea. Nigerian Journal of Clinical Practice. 2019;22(5):675–81.
Published
2021-01-17