EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA LEMBAR BALIK DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG ANCAMAN DASAR KESEHATAN REPRODUKSI DI KELURAHAN AWIYO KOTA JAYAPURA

  • Suryati Romauli Poltekes Kemenkes Jayapura
  • Sri Wahyuni Poltekes Kemenkes Jayapura
Keywords: Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi; Media Lembar balik; Permainan Ular Tangga

Abstract

Remaja sering kali mengalami kekurangan informasi mengenai ancaman dasar kesehatan reproduksi dan akses kesehatan reproduksi, sehingga, perlu dilakukan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja. Media yang dapat digunakan adalah lembar balik dan permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui   efektifitas   penggunaan   media   lembar   balik   dan permainan ular tangga terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang ancaman dasar kesehatan reproduksi. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan pretest-post test with control group design. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Awiyo Kota Jayapura sejak bulan April sampai dengan Juli 2020. Sampel sebanyak 60 responden yang dibagi menjadi  2 kelompok yaitu intervensi dan kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik  simple random sampling. Analisa data untuk kelompok berpasangan menggunakan uji paired sample t-test pada data berdistribusi normal dan uji wilcoxon pada data berdistribusi tidak normal, sedangkan pada kelompok tidak berpasangan menggunakan uji independent sampel t-test pada data berdistribusi normal dan uji mann whitney pada data berdistribusi tidak normal. Hasil analisis uji mann whitney untuk efektifitas meningkatkan pengetahuan dengan penggunaan media lembar balik dan permainan ular tangga tidak ada perbedaan dengan nilai (p value 0,09 >α 0,05), artinya lembar balik dan permainan ular tangga sama-sama efektif. Untuk uji efektifitas meningkatkan sikap hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai (p value =0,006 <α=0,05) artinya ada perbedaan keefektifan media lembar balik dan permainan ular tangga dengan nilai mean pada kelompok kontrol sebesar 16.00 dan pada kelompok eksperimen sebesar 27,37, dimana permainan ular tangga lebih efektif dalam meningkatkan sikap remaja tentang ancaman dasar kesehatan reproduksi. Lebih efektif menggunakan permainan ular tangga dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang ancaman dasar kesehatan reproduksi sehingga diharapkan permainan ular tangga dapat digunakan sebagai media untuk pendidikan kesehatan reproduksi.

References

[1] Arini. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Komik Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Demam Berdarah Di Selolah Dasar Negeri 49 Kuranji Kota Padang tahun 2018. Skripsi Universitas Andalas
[2] Handayani, F., (2020). Peningkatan pengetahuan siswa SMA Muhammadiyah tentang Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR). Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, Volume 2, No 1. Available at: .
[3] Haruna, H., Hu, X., Chu, S., Mellecker, R., Gabriel, G. and Ndekao, P., (2018). Improving Sexual Health Education Programs for Adolescent Students through Game-Based Learning and Gamification. International Journal of Environmental Research and Public Health, [online] 15(9), p.2027. Available at: .
[4] Mario, H., (2018). Faktor Yang Memungkinkan Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa SMAN Akreditasi A Sekolah Makassar Tahun 2018. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hassanudin
[5] Kesehatan RI, K., (2020). Pusat Data Dan Informasi - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [online] Pusdatin.kemkes.go.id. Available at: .
[6] Karimah, R. F., Supurwoko, & Wahyuningsih, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika Untuk Siswa SMP/ MTs kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 6–10. Available at:
[7] Fitriani, F. (2015). Pengaruh Penyuluhan Media Lembar Balik Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita Gizi Kurang Di Puskesmas Pamulang Tanggerang Selatan Tahun 2015 Available at:
[8] Prayogo, B. A. (2017). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas II SDN Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat. Available at: .
[9] Prabowo, H. (2013). Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Kesehatan Lingkungan di Sekolah Dengan Permainan Ular Tangga Pada Siswa SDN 02 Wonoketingal KabupatenDemak. Available at:
[10] Qomariyah, Laksono, B., & Indriyanti, D. R. (2017). Keefektifan Pendidikan Kesehatan Tenaga Kesehatan dan ODHA terhadap Pengetahuan HIV/ AIDS Siswa SMA. Public Health Perpective Journal. Available at: < Journal.unnes.ac.id>.
[11] Maulida, L., (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Lembar Balik Terhadap Perilaku Pemberian Asi pada Ibu Post Partum. Jurnal Kebidanan Midwiferia, [online] 3(2), p.40. Available at: .
[12] Mckay, C., Chang, A., Versteegh, L. and McCallum, G., (2015). Culturally appropriate flipcharts improve the knowledge of common respiratory conditions among Northern Territory Indigenous families. Health Promotion Journal of Australia, 26(2), pp.150-153.
[13] Sahertian (2017). Bloket Kesehatan Reproduksi Remaja Solusi Mengatasi Kompleksifitas Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja di SMPN 20 Kecamatan Baguala Kota Ambon. Global Health Science. http://jurnal.csdforum.com/index.php/ghs Vol 2 Issue 3 September 2017.
[14] Susanti, D., (2020). The Effect of the use of "TRIAD_KRR FLIPCHARTS" in Dealing with Triad Behaviour (Sexuality, Drugs, HIV/AIDS) Of Adolescent's Attitude and Knowledge in Padang's City. INDIAN JOURNAL OF APPLIED RESEARCH, X(1).
[15] Suwarno, S., Shaluhiyah, Z. and Prabamurti, P., (2017). EFFECTIVE MEDIA FOR GENITAL ORGAN HEALTH EDUCATION JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(3), pp.192-199.
[16] Rahma, M. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Seksualitas Dengan Perilaku Seksual remaja Di SMA Negeri 1 Subang. Jurnal Bidan "Midwife Journal" Volume 5 No.01, Jan 2018.
[17] Waliko, W., 1970. ISLAM, HAK DAN KESEHATAN REPRODUKSI. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 7(2).
Published
2021-01-17